nsalucky.blogg.se

Uji homogenitas dengan spss 16
Uji homogenitas dengan spss 16











uji homogenitas dengan spss 16 uji homogenitas dengan spss 16

Strategi STAD terbukti mampu melatihkan berpikir tinggi dan metakognisi, selain itu kegiatan diskusi pada strategi STAD mampu memfasilitasi proses scaffolding melalui tutorial sebaya. Inkuiri terbimbing terbukti mampu melatihkan berpikir tinggi, metakognisi, dan keterampilan proses sains. Strategi pembelajaran yang berpotensi menyelesaikan permasalahan tersebut adalah Inkuiri terbimbing dan STAD. Vygotsky menyatakan, siswa AA dan AB dapat sejajar prestasi belajarnya, jika memperoleh scaffolding dari guru dan teman sebayanya. Permasalahan penting lainnya adalah mensejajarkan prestasi belajar siswa berkemampuan akademik bawah (AB) dengan siswa berkemampuan akademik atas (AA). Keberhasilan pembelajaran berbasis isi diukur dari banyaknya konsep yang berhasil dihafalkan oleh siswa, akibatnya kemampuan berpikir tinggi, metakognisi, dan keterampilan proses sains siswa memprihatinkan. Pembelajaran yang terbatas pada aspek produk menyebabkan pembelajaran berbasis isi. Pembelajaran Biologi di Indonesia sebagian besar terbatas pada aspek produk. Kata kunci: Inkuiri, STAD, berpikir, metakognisi, keterampilan proses sainsīiologi terdiri dari aspek produk dan proses. Aloysius Duran Corebima, M.Pd., (III) Prof. Herawati Susilo, M.Sc., Ph.D., (II) Prof. Program Studi Pendidikan Biologi, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Biologi SMP Berbasis Inkuiri Terbimbing dipadu Kooperatif STAD serta Pengaruhnya terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Metakognisi, dan Keterampilan Proses Sains pada Siswa Berkemampuan Akademik Atas dan Bawah.













Uji homogenitas dengan spss 16